Resep Donat Kentang: Cara Mudah Membuat Donat yang Empuk dan Lezat


2. Bahan-bahan yang Dibutuhkan



Untuk membuat donat kentang, kita membutuhkan beberapa bahan seperti kentang, tepung terigu, ragi, gula, susu, dan telur. Pilihlah kentang yang empuk dan tidak terlalu basah agar hasilnya lebih baik.


3. Cara Membuat Adonan



Pertama-tama, kupas dan potong kentang menjadi kecil-kecil dan rebus hingga empuk. Setelah itu, haluskan kentang menggunakan blender atau garpu. Campurkan dengan tepung terigu, ragi, gula, susu, dan telur. Aduk hingga adonan tercampur dan mulai terlihat kalis.


4. Istirahatkan Adonan



Setelah adonan tercampur rata, istirahatkan adonan selama sekitar 30 menit hingga adonan mengembang dan menjadi lebih kenyal.


5. Bentuk Adonan



Setelah adonan mengembang, ambil sejumput adonan dan bulatkan dengan tangan. Beri jarak pada setiap donat agar tidak menempel saat digoreng. Biarkan donat mengembang lagi selama 10-15 menit sebelum digoreng.


6. Goreng Donat



Panaskan minyak dalam wajan hingga cukup panas. Goreng donat hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.


7. Tambahkan Topping



Donat kentang sudah siap disajikan. Namun, jika ingin menambahkan topping, kita bisa menaburkan gula halus atau taburan keju parut di atas donat.


8. Penyimpanan



Donat kentang dapat disimpan dalam wadah tertutup di suhu ruangan selama 2-3 hari. Untuk hasil yang lebih tahan lama, kita bisa menyimpannya di dalam kulkas.


9. Tips dan Trik



Agar donat kentang lebih empuk dan lezat, kita bisa menambahkan susu cair pada adonan. Selain itu, jangan terlalu banyak mengaduk adonan agar donat tidak keras.


10. Kesimpulan



Donat kentang adalah alternatif yang baik untuk donat tepung terigu. Dengan sedikit usaha, kita bisa membuat donat yang empuk dan lezat di rumah. Coba resep donat kentang ini dan nikmati sensasi baru dari donat yang lebih sehat dan lezat!

close